Minggu, 27 April 2014

Sejarah Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah

Sejarah Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah kotakusemarang.blogspot.com

Simpang lima merupakan sebuah lapangan yang terletak di pusat kota Semarang. Lapangan tersebut juga biasa dikenal dengan Lapangan Pancasila. Simpang Lima adalah pertemuan dari lima jalan yang bertemu menjadi satu yaitu Jl. Pahlawan, Jl, Ahmad Yani, Jl, Pandanaran, Jl. Ahmad Dahlan, dan Jl. Gadjah Mada.

Di sekitar kawasan ini berdiri pusat perbelanjaan dan hotel-hotel berbintang seperti Hotel Ciputra, Hotel Graha Santika, Hotel Horison, E Plaza, Mall Ciputra, Ramayana, Plaza Simpang Lima, dan lain-lain. Lapangan simpang lima ini adalah pusat keramaian warga Semarang, pada hari Sabtu dan Minggu serta pada hari-hari libur.

Sejarah Simpang Lima

Simpang Lima di Semarang dijadikan sebagai pusat alun-alun berdasarkan usulan Presiden Republik Indonesia yang pertama yakni Ir. Soekarno karena pusat alun-alun yang awalnya terletak di daerah Kauman telah berubah fungsinya menjadi pusat perbelanjaan. Pada saat pembangunan Lapangan Pancasila, saat itu pembangunannya akan dibuat di jalan Oei Tiong Ham yang saat ini menjadi Jl. Pahlawan.

Kemudian, Lapangan Pancasila ini bisa terbangun pada tahun 1969. Karena lapangan ini merupakan pusat dari lima jalan yang bertemu, maka akhirnya lebih dikenal sebagai Simpang Lima. Jika berkunjung ke Simpang Lima, masyarakat di sana juga belum tentu tahu jika ditanya tentang Lapangan Pancasila karena mereka lebih familiar dengan nama Simpang Lima. Saat ini Simpang Lima telah menjadi ciri khas kota Semarang yang berupa ruang terbuka yang biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Kota Semarang sendiri saat ini sangat identik dengan Simpang Lima karena keramaian dan pusat kegiatannya terpusat di kawasan ini.  Pada hari Minggu, lapangan Simpang Lima biasanya dipadati oleh para pengunjung yang ingin berolahraga, berjalan-jalan, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Pada saat menjelang pergantian tahun, Simpang Lima ini juga menjadi tempat yang paling ramai di Semarang karena biasanya ditempat ini berlangsung pesta kembang api.

Berwisata di Simpang Lima Semarang

Sejarah Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah kotakusemarang.blogspot.com

Jika Anda ke Semarang, rasanya tidak lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Simpang Lima, terutama pada saat malam hari. Simpang Lima pada malam hari akan dipenuhi oleh berbagai wisata kuliner yang menarik dan lezat khas Semarang. Di pojok Simpang Lima, ada warung lesehan yang menyediakan nasi pecel. Selain itu, jika Anda ingin menikmati makanan di warung tenda, di sepanjang Jl. Pahlawan juga terdapat warung-warung tenda yang berderet rapi dimana Anda dapat memuaskan selera kuliner Anda.

Di Jalan Pahlawan ini biasanya juga digunakan sebagai tempat berkumpulnya para pemuda-pemuda di Semarang mulai dari anak band, bikers, komunitas mobil antik, dan masih banyak lagi. Pada saat bulan Ramadhan, kawasan Simpang Lima juga banyak digunakan untuk berjualan berbagai makanan untuk berbuka puasa. Betapa menariknya wisata ke Semarang bukan?

1 komentar: